LATIHAN TEORI KEJURUAN
UNBK 2019 2020
1.
Fungsi
manajemen digunakan sebagai alat untuk mengelola kantor dan memiliki peranan
yang sangat besar dalam perkembangan suatu organisasi. Fungsi manajemen yang
pertama dilakukan dalam setiap aktivitas-aktivitas kantor dan merupakan dasar,
landasan maupun titik tolak dalam pelaksanaan tindakan-tindakan suatu
organisasi disebut fungsi…
a.
Penilaian (evaluating) d. Perencanaan
(planning)
b.
Pengawasan
(controlling) e. Pengorganisasian (organizing)
c.
Penggerakan
(actuating)
2.
Proses
pengaturan dan penyimpanan informasi secara sistematis sehingga dapat dengan
mudah dan cepat ditemukan setiap diperlukan, dalam kegiatan administrasi
disebut…
a.
Korespondensi
d.
Correspondence
b.
Ekspedisi e.
Expedition
c.
Filing
3.
Penggunaan
media komunikasi dirasakan sangat memberikan manfaat. Akan tetapi dari setiap
jenis media yang digunakan terdapat kelemahan-kelemahan. Berikut ini yang
merupakan kelemahan dari media komunikasi audio visual adalah...
a.
Biayanya relatif
mahal d. Menimbulkan rasa bosan
b.
Tidak
membosankan e. Sulit
dikontrol
c.
Informasi
lebih jelas
4.
Media
komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan warta/ keterangan dalam lingkungan
organisasi sendiri atau dari satu bagian ke bagian lain dalam satu instansi
dinamakan…
a.
Telephone d. Faksimile
b.
Teleks e.
Intercome
c.
Dictaphone
5.
Sebagai
penerima telepon, seorang sekretaris harus bisa memberikan jawaban yang tepat
dengan ramah dan menyenangkan. Apabila ada penelepon ingin berbicara dengan
pimpinan, sedangkan pada saat itu pimpinan sedang sakit, jawaban yang tepat
disampaikan adalah….
a.
“Maaf
Ibu, Pimpinan kami saat ini sedang sakit, dapatkah ibu meninggalkan pesan?”
b.
“
Maaf Ibu, kebetulan Pimpinan kami tidak berada di kantor untuk beberapa hari ke
depan, apakah ada pesan yang ingin ditinggalkan?”
c.
“Maaf
Ibu, Pimpinan kami belum bisa bicara di telepon. Tolong tinggalkan pesan saja”.
d.
“Maaf
Ibu, Pimpinan kami saat ini sedang sibuk sehingga Ibu sebaiknya meninggalkan
pesan kepada saya”.
e.
“Maaf
Ibu, saat ini Pimpinan kami sedang tidak berkenan menjawab telepon sehingga Ibu
harus meninggalkan pesan untuk beliau!”
6.
Proses
komunikasi merupakan berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan
dan komunikator. Apabila dalam menyampaikan pesan, komunikator dan komunikan
saling bertatap muka (face to face)
sehingga komunikator dapat melihat komunikan termasuk proses komunikasi…
a.
Tidak
langsung d.
Massa
b.
Langsung e. Nir
massa
c.
Bermedia
7.
Upaya
maksimal yang mampu diberikan oleh petugas pelayanan dari suatu perusahaan
industri jasa untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga tercapai
suatu kepuasan disebut….
a.
Pelayanan
purna jual d.
Pelayanan pelanggan
b.
Pelayanan
pra penjualan e. Pelayanan
penjualan
c.
Pelayanan
prima
8.
Menghubungi
seseorang melalui telepon sama halnya dengan bertamu, sehingga harus selalu
ramah dan menyenangkan pada saat berbicara di telepon serta memperhatikan
etika. Di bawah ini merupakan etika dalam bertelepon yaitu….
a.
Mengangkat
gagang telepon dengan tangan kanan
b.
Membiarkan
telepon bordering tiga kali
c.
Menyapa
penelepon dengan sebutan Ibu/ Bapak
d.
Menyembunyikan
identitas diri
e.
Mencatat
pesan telepon pada kertas lembaran
9.
Keamanan
kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bertujuan untuk menjamin keadaan, keutuhan
dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani; baik jasmani maupun rohani manusia
serta karya budayanya yang tertuju pada kesejahteraan masyarakat. Bagi
perusahaan K3 bertujuan untuk…
a.
Meningkatkan
kinerja dan omset perusahaan
b.
Meningkatkan
kesejahteraan rohani dan jasmani
c.
Kinerja
yang berkesinambungan
d.
Meningkatkan
penghasilan karyawan
e.
Meningkatkan
kesadaran
10.
Dalam
menciptakan kepuasan pelanggan, seorang petugas pelayanan harus memperhatikan
sikap dan penampilan diri seperti….
a.
Berpenampilan
seadanya dan menghargai
b.
Berpakaian
menarik dan mudah bergaul
c.
Berpakaian
standar dan mudah bersosialisasi
d.
Berpenampilan
serasi dan ramah
e.
Berpenampilan
rapid an bersikap fleksibel
11.
Salah
satu program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata adalah…
a.
Microsoft
Access d.
Microsoft Power Point
b.
Microsoft
Excel e.
Microsoft Outlook
c.
Microsoft
Word
12.
Upaya
pencegahan terhadap penyakit yang dilakukan dengan mengisolir (menyendirikan)
mesin-mesin yang menimbulkan suara yang sangat keras atau proses-proses yang
menimbulkan gas yang berbahaya bagi tubuh adalah…
a.
Substitusi
d.
Penggunaan alat pelindung
b.
Ventilasi
umum e.
Isolasi
c.
Ventilasi
keluar
13.
Perhatikanlah
prosedur pengadaan barang di bawah ini!
(1)
Membuat
daftar barang atau perlengkapan yang akan diadakan
(2)
Membuat
estimasi biaya (perkiraan biaya)
(3)
Membuat
rencana pengadaan barang menjadi tri wulan atau semesteran
Prosedur
pengadaan barang di atas adalah untuk jenis barang….
a.
Bergerak
d.
Habis pakai
b.
Tidak
bergerak e.
Tidak habis pakai
c.
Tetap
14.
Untuk
menjalankan slide presentasi yang telah kita buat dari awal sampai akhir
menggunakan….
a.
Slide show from
current slide d. Design
b.
Slide show from
beginning e. Animation
c.
Custom slide
show
15.
Barang
habis pakai adalah barang yang tidak tahan lama dan akan habis dalam
pemakaiannya sehari-hari di kantor. Contoh barang habis pakai adalah…
a.
Perforator d.
Dictaphone
b.
Mesin
penghancur kertas e.
Kalkulator
c.
Pita
mesin tik
16.
Peralatan
kantor yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor diklasifikasikan
menjadi peralatan kantor yang berupa mesin dan peralatan kantor bukan mesin.
Contoh dari peralatan kantor yang berupa mesin adalah….
a.
Printer
d.
Tip-ex
b.
Paperclips e. Snelhecter
c.
Karbon
17.
Apabila
komponen atau sparepart mesin kantor
telah aus, maka perlu diganti dengan yang baru. Dalam mereplace atau refillsparepart
harus memperhatikan….
a.
Suku
cadang yang baru harganya lebih murah
b.
Suku
cadang yang baru harganya lebih mahal
c.
Suku
cadang yang baru tidak disesuaikan dengan ketentuan pada manual book
d.
Suku
cadang yang baru harus dari luar negeri
e.
Suku
cadang yang baru merupakan suku cadang yang asli (genuine part)
18.
Menjaga
kebersihan mesin, pemberian minyak pelumas pada komponen-komponen yang bergerak
serta mengganti pita lama dengan pita yang baru merupakan cara perawatan mesin
kantor yaitu…
a.
Mesin
fotocopy d. Mesin rishograf
b.
Mesin
tik e.
Mesin penjilid
c.
Mesin
stensil
19.
Agar
surat dapat memeberikan kesan yang baik dan dapat menyampaikan arti yang
sebenarnya kepada pembaca, maka bahasa yang digunakan harus lugas, maksudnya
adalah…
a.
Enak
dibaca dan tidak kaku
b.
Tidak
bermakna ganda
c.
Menggunakan
kata-kata yang panjang
d.
Sederhana,
praktis dan bersahaja atau simple
e.
Terbebas
dari salah tafsir atau rancu
20.
Surat-surat
atau benda bergarga yang termasuk rekaman yang dijadikan sebagai alat bukti
untuk mendukung keterangan supaya lebih meyakinkan adalah….
a.
Dokumen
d.
file
b.
Keterangan
e.
Surat
c.
Arsip
21.
Proses
penggandaan naskah menggunakan mesin fotocopy, apabila sudah meletakkan naskah
yang akan dicopy langkah selanjutnya adalah menetukan zoom dan jumlah salinan
yang akan digandakan. Langkah berikutnya adalah menekan tombol…
a.
Copy d.
Size
b.
Start e.
Reduction
c.
On-off
22.
Mesin
pengganda dokumen yang digunakan untuk memperbanyak naskah dalam jumlah yang
besar mempunyai kecepatan sampai 120 lembar per menit dengan bentuk dan cara
kerjanya seperti mesin fotocopy disebut….
a.
Mesin
stensil d.
Mesin fotocopy
b.
Mesin
offset e. Mesin rishograf
c.
Mesin
penjilid
23.
Dalam
pengurusan surat keluar biasa, setelah konsep surat selesai diketik dan
ditandatangani, selanjutnya unit pengolah mencatat surat ke dalam…
a.
Satu
lembar pengantar surat biasa
b.
Tiga
lembar kartu kendali
c.
Dua
lembar kartu kendali
d.
Dua
lembar pengantar surat biasa
e.
Buku
agenda
24.
Dalam
pengurusan surat masuk yang bersifat penting, kartu kendali I tetap berada di
tangan pengarah surat untuk diarsip yang berfungsi sebagai…..
a.
Kartu
kendali d.
Pengganti arsip
b.
Ekspedisi e.
Pengganti file
c.
Alat
kontrol (file control)
25.
Semua
naskah atau dokumen disusun dan dikelompokkan berdasarkan pokok soal atau
masalah kemudian masalah-masalah dipecah lagi menjadi sub masalah. Hal ini
merupakan metode penyimpanan arsip dengan sistem….
a.
Masalah/
subjek d.
Abjad
b.
Wilayah
e.
Tanggal
c.
Nomor
26.
Untuk
dapat membuka dan mengirim email, setelah mengetikkan alamat selanjutnya
adalah…
a.
Memasukkan
alamat web d. Memasukkan ID
b.
Memasukkan
nama pengguna e. Memasukkan ID dan
pasword
c.
Memasukkan
pasword
27.
Bentuk
atau format surat harus diperhatikan sebelum mengetik surat. Bentuk surat
dimana seluruh pengetikan bagian-bagiannya dimulai dari sebelah kiri kecuali
tanggal surat dan kelompok penandatanganan adalah…
a.
Bentuk
surat lurus (block style)
b.
Bentuk
surat lurus penuh (full block style)
c.
Bentuk
surat setengah lurus (semi block style)
d.
Bentuk
surat lekuk (indented style)
e.
Bentuk
surat paragraph menggantung (hanging
paragraph style)
28.
Perlengkapan
arsip yang digunakan sebagai alat pencatat surat dan pelacak untuk dapat
menemukan atau menetapkan lokasi dan tempat surat serta sebagai arsip pengganti
dari surat dinas penting adalah…
a.
Lembar
disposisi d. Map
gantung
b.
Kartu
kendali e. Guide
c.
Kartu
tunjuk silang
29.
Dokumen
perjalanan yang diberikan kepada warga negara yang diberi ijin untuk
meninggalkan negaranya dan untuk bepergian ke negara-negara lain adalah…
a.
Yellow card d. Fiskal
b.
Exit permit e. Paspor
c.
SPPD
30.
Keterangan
tentang tanggal serta jam keberangkatan dan kedatangan, semua kota yang akan
dikunjungi, jenis kendaraan yang akan dipakai, nama lapangan terbang atau
stasiun kereta api serta nama hotel tempat menginap termasuk…
a.
Penganggaran
perjalanan d. Rencana
perjalanan
b.
Pengorganisasian
perjalanan e. Pelaporan perjalanan
c.
Pelaksanaan
perjalanan
31.
Pertanyaan
langsung yang dilakukan oleh pimpinan rapat bertujuan untuk memberikan dorongan
kepada peserta rapat agar aktif dalam rapat. Berikut ini yang merupakan contoh
pertanyaan langsung adalah…
a.
“Sarana
yang kitamiliki memang masih kurang, bukan?”
b.
“Menurut
pendapat Saudara, bagaimana cara promosi yang efektif?”
c.
“Berapa
omzet penjualan kita bulan ini?”
d.
“Bapak
Tono, tadi Ibu Ani menanyakan perihal open management, apakah Bapak
mengetahuinya?”
e.
“Ibu
Susi, menurut pendapat Ibu, bagaimanakah cara promosi yang efektif?”
32.
Rapat
akan berjalan dengan tertib dan lancar apabila segala sesuatunya dipersiapkan
dengan baik. Tata ruang yang tepat untuk rapat dengan jumlah peserta 13 orang
adalah…
a.
Ruang
kelas d.
Setengah lingkaran
b.
Empat
persegi panjang e. Huruf
T
c.
Aula/
bioskop
33.
PD
CAHAYA menyelenggarakan kas kecil dengan sistem dana tetap. Ditetapkan jumlah
kas kecil sebesar Rp 700.000,00 dan diisi kembali setiap dua minggu. Pada akhir
minggu ke empat bulan Nopember 2012, pemegang kas kecil melaporkan dengan
menyerahkan bukti-bukti pengeluaran untuk:
* Pembelian alat
kantor Rp 175.000,00
* Pembelian
benda-benda pos Rp 50.000,00
* Jasa service
Rp 150.000,00
* Transportasi
Rp 150.000,00
Pada akhir bulan
Nopember sisa dana kas kecil sebesar…
a.
Rp
500.000,00 d.
Rp 535.000,00
b.
Rp
575.000,00 e.
Rp 545.000,00
c.
Rp
525.000,00
34.
Pada
setiap akhir pertemuan/ rapat, seorang penulis harus menyusun notula. Sehingga
apabila pada rapat terdahulu masih memerlukan tindak lanjut dan realisasi dalam
rapat berikutnya, maka pedomannya adalah notula rapat. Hal ini menunjukkan
bahwa salah satu fungsi notula adalah…
a.
Sebagai
dokumen
b.
Sebagai
alat untuk rapat semu
c.
Sebagai
dokumen dan alat bukti
d.
Sebagai
alat pengingat untuk peserta
e.
Sebagai
pedoman untuk rapat berikutnya
35.
Pelanggan
wanita biasanya lebih menyukai sesuatu yang bersifat modis, terutama dalam
memilih produk pakaian, tas, sepatu dan asessoris sosial dirinya. Untuk
menghadapi pelanggan wanita dapat dilakukan dengan cara….
a.
Menyediakan
waktu yang lebih lama dalam memilih barang
b.
Harus
siap dengan keinginan yang selalu berubah
c.
Petugas
yang melayani hendaklah lebih dewasa
d.
Selalu
memberikan pujian
e.
Tidak
memperlakukan seperti anak kecil
36.
Metode
pembukuan dana kas kecil dimana dananya sudah ditetapkan nilanya sehingga
penjumlahannya hanya ada pada saat pengisian kas itu sendiri disebut…
a.
Sistem
dana tidak tetap d. Sistem
dana tetap
b.
Sistem
dana berubah-ubah e. Fluktuation fund system
c.
Fund system
37.
Untuk
mendapatkan informasi yang akurat, maka pada setiap tahap dalam pengolahan data
harus dilalui. Tahap terakhir dalam pengolahan data adalah…
a.
Administrasi
questioner d. Editing/ Koding
b.
Analisa
data e.
Data entry
c.
Perangkuman
data
38.
Data
yang sudah diolah sehingga berubah wujud menjadi lebih bernilai merupakan
pengertian dari…
a.
Informasi
d.
Pengolahan data
b.
Data e.
Verifikasi data
c.
keterangan
39.
Pencatatan
terhadap semua barang inventaris yang sudah dimiliki oleh suatu kantor atau
satuan organisasi dilingkungannya dan sekaligus merupakan sumber informasi yang
diandalkan mengenai segala macam data yang diperlukan tentang barang-barang
inventaris kantor adalah pada…
a.
Buku
golongan barang inventaris
b.
Buku
catatan barang non inventaris
c.
Buku
catatan barang inventaris
d.
Buku
golongan barang non inventaris
e.
Buku
induk barang inventaris
40.
Dalam
proses rekruitmen, calon tenaga kerja dapat berasal dari dalam dan dari luar
perusahaan. Dari luar perusahaan, calon tenaga kerja dapat bersumber dari…
a.
Promosi
pegawai d.
Lembaga pendidikan
b.
Mutasi
pegawai e.
Promosi-mutasi pegawai
c.
Pengembangan
karir
41.
Media
komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan warta/ keterangan dalam lingkungan
organisasi sendiri atau dari satu bagian ke bagian lain dalam satu instansi
dinamakan…
a.
Telephone d.
Faksimile
b.
Teleks e.
Intercome
c.
Dictaphone
42. Proses
komunikasi merupakan berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan
dan komunikator. Apabila dalam menyampaikan pesan, komunikator dan komunikan
saling bertatap muka (face to face)
sehingga komunikator dapat melihat komunikan termasuk proses komunikasi…
a.
Tidak
langsung d.
Massa
b.
Langsung e. Nir
massa
43.
Keamanan
kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bertujuan untuk menjamin keadaan, keutuhan
dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani; baik jasmani maupun rohani manusia
serta karya budayanya yang tertuju pada kesejahteraan masyarakat. Bagi
perusahaan K3 bertujuan untuk…
a.
Meningkatkan
kinerja dan omset perusahaan
b.
Meningkatkan
kesejahteraan rohani dan jasmani
c.
Kinerja
yang berkesinambungan
d.
Meningkatkan
penghasilan karyawan
44.
Upaya
pencegahan terhadap penyakit yang dilakukan dengan mengisolir (menyendirikan)
mesin-mesin yang menimbulkan suara yang sangat keras atau proses-proses yang
menimbulkan gas yang berbahaya bagi tubuh adalah…
a.
Substitusi
d.
Penggunaan alat pelindung
b.
Ventilasi
umum e. Isolasi
c.
Ventilasi
keluar
45.
Perhatikanlah
prosedur pengadaan barang di bawah ini!
(4)
Membuat
daftar barang atau perlengkapan yang akan diadakan
(5)
Membuat
estimasi biaya (perkiraan biaya)
(6)
Membuat
rencana pengadaan barang menjadi tri wulan atau semesteran
Prosedur pengadaan barang di atas adalah
untuk jenis barang….
a.
Bergerak
d.
Habis pakai
b.
Tidak
bergerak e.
Tidak habis pakai
c. Tetap
46.
Peralatan
kantor yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor diklasifikasikan
menjadi peralatan kantor yang berupa mesin dan peralatan kantor bukan mesin. Contoh
dari peralatan kantor yang berupa mesin adalah….
d.
Printer
d.
Tip-ex
e.
Paper clips e. Snelhecter
f.
Karbon
47.
Untuk
mendapatkan informasi yang akurat, maka pada setiap tahap dalam pengolahan data
harus dilalui. Tahap terakhir dalam pengolahan data adalah…
d.
Administrasi
questioner d. Editing/ Koding
e.
Analisa
data e.
Data entry
f.
Perangkuman
data
48. Untuk
dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka harus dilakukan pengolahan data.
Pengolahan data yang dilakukan tanpa menggunakan mesin merupakan jenis pengolahan
data dengan sistem….
a. Manual d.
Tanpa mesin
b. Komputerisasi e. Key driven
c. Punch card
49. Sebelum
data diolah, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan
data. Setelah data yang diperlukan terkumpul maka langkah selanjutnya dalam
pengolahan data adalah….
a.
Administrasi
questioner d. Editing/ Koding
b.
Analisa
data e.
Data entry
c.
Perangkuman
data
50.
Sesuatu
yang tertulis, tercetak, tergambar, terekam yang dapat dijadikan sebagai bukti atau keterangan disebut….
a.
Surat ` d. file
b.
Dokumen e.
arsip
c.
Warkat
51. Low
accordion fold dalam system melipat surat sering disebut….
a. lipatan akordion
b. lipatan baku rendah
c. lipatan akordion rendah
d. lipatan tunggal
e.
lipatan ganda sejajar
52.
Pengurusan
surat dinas masuk dan keluar yang bersifat penting dalam pola baru system
kearsipan memakai….
a.
lembar disposisi d. kartu kendali
b.
lembar pengantar e. buku agenda
c.
ekspedisi
53.
Apabila
pimpinan menganggap bahwa suatu surat yang diproses harus melalui beberapa
pejabat,
maka sekretaris atau pengarah surat menyertakan….
a.
lembar disposisi
d. routing slip
b. kartu kendali e. Buku Verbal
c. buku
agenda
54. Surat
yang diterima dari Toko Buku 2014, bila diindeks mendapatkan kode….
a. 2014 d. Two
b. To e. Du
c. Bu
55.
Judul
Guide pada system tanggal yang terletak paling depan yaitu…
a.
tanggal 1 d. Desember
b.
Januari e. tanggal 31
c. nama
bulan
56.
Penyimpanan
dan penemuan kembali arsip berdasarkan dari mana surat berasal disebut
sistem
penyimpanan….
a. geographic d. alphabetic
b. chronologis e. subjectic
c. numeric
57.
Ruang
rapat dengan berbentuk lingkaran dapat digunakan untuk jenis rapat yang
bersifat….
a.
Otoriter d.
negotiation
b.
Demokratis e.
laissezfair
c.
Problem
solving
58.
Pertemuan
/rapat yang diadakan antar Negara,baik oleh kepala Negara atau pemerintah yang membicarakan masalah kerjasama antar
Negara disebut….
a.
Seminar d. Rapat Negara
b.
Konggres e.
Konferensi
c.
Simposium
59.
Kampanye, rapat akbar, pengajian umum
merupakan jenis pertemuan massa yang bertujuan….
a.
Memecahkan
masalah d.
mencari dukungan
b.
Merundingkan
masalah e. mencapai musyawarah
c.
Mencapai
tujuan bersama
60. Pengelolaan
dana kas kecil dilakukan dengan 2 metode pencatatan.Sebuah sistim dimana
besarnya dana kas kecil telah ditentukan dan apabila di akhir periode dilakukan
pengisian kembali kas sebesar total pengeluaran ,sehingga jumlah uang dalam kas
kecil kembali seperti semula,maka sistim ini disebut ....
a.
fluctuation fund system
b.
imprest fund system
c.
petty cash fund system
d.
company fund system
e.
journal fund system
61. Catatan
yang dipakai sebagai awal mula pencatatan dalam siklus akuntansi keuangan yang
bersumber dari bukti transaksi adalah....
a.
bukti penerimaan kas
b.
bukti pengeluaran kas
c.
jurnal
d.
buku harian
e.
buku kas kecil
62. Terdapat
banyak mesin-mesin penggandaan, di bawah ini yang termasuk mesin-mesin
penggandaan atau mesin reproduksi atau duplicating machines adalah....
a.
thermocopier,offset,fotocopy, risograph, stensil
b.
scanner, stensil,mesin tik,perforator,stapler
c.
fotocopy,spirit duplicator,stensil,hechmachine
d.
scanner,offset,paper shredder,paper cutter
e.
stensil,scanner,perforator stapler,offset
63. Efisien
untuk menggandakan dalam jumlah yang besar dan tenaga listrik yang diperlukan
kurang dari 500 watt, berkemampuan sampai 120 lembar per menit adalah mesin....
a.
fotocopy
b.
thermocopier
c.
stensil listrik
d.
spirit duplicator
e.risograph
64.
Pekerjaan
penunjang tugas pokok yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang tulis menulis
yang berhubungan dengan pekerjaan kertas maupun pelayanan disebut...
a.
pekerjaan kantor
b.
administrasi
c.
organisasi
d.
manejemen
e.
manajer
65.
Rangkaian
kegiatan merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi serta
menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran disebut
dengan....
a.
pekerjaan kantor
b.
manajer kantor
c.
keuangan
d.
manajerial
e.
administrasi perkantoran
66. Pelayanan
pelanggan dengan penampilan serasi , pelayanan pelanggan dengan berfikir
positif , pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai adalah pelayanan prima
berdasarkan konsep ....
a.
attention
b.
action
c.
attitude
d.
tindakan
e.
perhatian
67. L
O T (Listening = mendengarkan apa yang dibutuhkan pelanggan ) Observing =
mengamati isi pembicaraan pelanggan (
Thinking = berfikir setelah mendengarkan dan mengamati , maka harus segera
memikirkan tindakan apa yang harus dilakukan
untuk memahami kebutuhan pelanggan adalah konsep....
a.
attitude
b.
action
c.
sikap
d.
attention
e.
tindakan
68.
Seseorang
yang bertugas membantu tamu yang yang ingin bertemu dengan pejabat atau
seseorang yang berada pada organisasi tersebut disebut...
a.
tamu
b.
arsiparis
c.
resepsionis
d.
administrasi kantor
e.
relasi
69. Jika
kepada pejabat atau pimpinan yang telah menyelesaikan perjalalanan dinas
diberikan uang pemulihan biaya sesuai dengan pengeluaran yang dibuktikan oleh
voucher, sistim ini disebut....
a.
lump sum
b.
fiskal
c.
rekonsiliasi
d.
deklarasi
e. restitusi biaya perjalanan dinas
70. Tanda
izin yang dicap pada lembaran-lembaran paspor untuk mengunjungi suatu negara
tertentu dalam waktu tertentu, dan dapat diperoleh di kedutaan negara yang bersangkutan
adalah ....
a.
paspor
b.
fiskac
c.
visa
d.
SPPD
e.
yellow card
71. Anda
diminta membuat sebuah surat undangan rapat kerja yang akan dilaksanakan selama
2 hari di luar kota. Selain kejelasan
isi undangan, dokumen itu sangat membutuhkan....
a.
lampiran
b.
laporan
c.
materi
d.
peralatan
e.
akomodasi
72. Dalam
komunikasi non verbal, sikap ketidak tenangan seseorang dalam berkomunikasi
dengan orang lain dapat kita ketahui melalui....
a.
mata berkerut disertai mulut tertutup
b.
bahu tampak lemas dan membungkuk
c.
sikap duduk yang menjauhkan diri
d.
sikap diam dan tidak bersedia berbicara
e.
kegagapan dalam berbicara
73. Catatan
singkat yang dibuat oleh pejabat atasan ditujukan kepada bawahan yang isinya
bersifat formal disebut....
a.
memorandum
b.
nota dinas
c.
telegram
d.
surat dinas
e.
surat bersampul
74. Biaya
pengurusan paspor,biaya fiskal dan airport ,tax, biaya exit permit,dan health
certficate adalah contoh....
a.
biaya lump sum
b.
biaya akomodasi
c.
biaya acara/kontribusi penyelenggaraan acara
d.
biaya dokumen perjalanan
e.
biaya transportasi
75.
Salah
satu program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata adalah…
a.
Microsoft
Access d.
Microsoft Power Point
b.
Microsoft
Excel e.
Microsoft Outlook
c.
Microsoft
Word
76.
Saat
pertama kali menjalankan Microsoft word, secara otomatis akan ditampilkan
lembar kerja dokumen baru yang masih kosong dengan nama….
a.
Word1.doc
b.
Word2.doc
c.
Document1.doc
d.
Document2.doc
e.
Doc.1
77.
Untuk
menjalankan slide presentasi yang telah kita buat dari awal sampai akhir
menggunakan….
a.
Slide
show from current slide d.
Design
b.
Slide
show from beginning e.
Animation
c.
Custom
slide show
78.
Agar
peserta rapat dapat lebih tertarik dan memperhatikan informasi yang
disampaikan, maka materi rapat dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Ms.
Power Point yang diakses dengan mengklik menu….
a. Start – Document – Microsoft Office – Microsoft Power Point
b. Start – Setting – Microsoft Office – Microsoft Power Point
c. Start – Programs – Microsoft Outlook – Microsoft Power Point
d. Start – Programs – Microsoft Office – Microsoft Power Point
e. Start – Ms. Outlook – Microsoft Office – Microsoft Power Point
a. Start – Document – Microsoft Office – Microsoft Power Point
b. Start – Setting – Microsoft Office – Microsoft Power Point
c. Start – Programs – Microsoft Outlook – Microsoft Power Point
d. Start – Programs – Microsoft Office – Microsoft Power Point
e. Start – Ms. Outlook – Microsoft Office – Microsoft Power Point
79.
Apabila
pimpinan menganggap bahwa suatu surat yang diproses harus melalui bebera
penjabat, maka sekretaris atau pengarah surat menyertakan …..
a.
Lembar
disposisi
b.
Routing
slip
c.
Buku
agenda
d.
Buku
verbal
e.
Kartu
80.
Bila
perusahaan hendak mengirim surat sifatnya penting maupun biasa dicatat dalam
buku verbal, tetapi pengirimannya lewat multimedia disebut ….
a.
televisi
b.
kartu
kendali
c.
twitter
d.
e-mail
e.
facebook
Tidak ada komentar:
Posting Komentar