Minggu, 05 April 2020





LATIHAN TEORI KEJURUAN  UNBK 2019 2020

1.      Fungsi manajemen digunakan sebagai alat untuk mengelola kantor dan memiliki peranan yang sangat besar dalam perkembangan suatu organisasi. Fungsi manajemen yang pertama dilakukan dalam setiap aktivitas-aktivitas kantor dan merupakan dasar, landasan maupun titik tolak dalam pelaksanaan tindakan-tindakan suatu organisasi disebut fungsi…
a.      Penilaian (evaluating)                    d. Perencanaan (planning)
b.      Pengawasan (controlling)             e. Pengorganisasian (organizing)
c.       Penggerakan (actuating)
2.      Proses pengaturan dan penyimpanan informasi secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dan cepat ditemukan setiap diperlukan, dalam kegiatan administrasi disebut…
a.       Korespondensi                              d. Correspondence
b.      Ekspedisi                                       e. Expedition
c.       Filing
3.      Penggunaan media komunikasi dirasakan sangat memberikan manfaat. Akan tetapi dari setiap jenis media yang digunakan terdapat kelemahan-kelemahan. Berikut ini yang merupakan kelemahan dari media komunikasi audio visual adalah...
a.       Biayanya relatif mahal                  d. Menimbulkan rasa bosan
b.      Tidak membosankan                     e. Sulit dikontrol
c.       Informasi lebih jelas
4.      Media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan warta/ keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri atau dari satu bagian ke bagian lain dalam satu instansi dinamakan…
a.       Telephone                                      d. Faksimile
b.      Teleks                                            e. Intercome
c.       Dictaphone
5.      Sebagai penerima telepon, seorang sekretaris harus bisa memberikan jawaban yang tepat dengan ramah dan menyenangkan. Apabila ada penelepon ingin berbicara dengan pimpinan, sedangkan pada saat itu pimpinan sedang sakit, jawaban yang tepat disampaikan adalah….
a.       “Maaf Ibu, Pimpinan kami saat ini sedang sakit, dapatkah ibu meninggalkan pesan?”
b.      “ Maaf Ibu, kebetulan Pimpinan kami tidak berada di kantor untuk beberapa hari ke depan, apakah ada pesan yang ingin ditinggalkan?”
c.       “Maaf Ibu, Pimpinan kami belum bisa bicara di telepon. Tolong tinggalkan pesan saja”.
d.      “Maaf Ibu, Pimpinan kami saat ini sedang sibuk sehingga Ibu sebaiknya meninggalkan pesan kepada saya”.
e.       “Maaf Ibu, saat ini Pimpinan kami sedang tidak berkenan menjawab telepon sehingga Ibu harus meninggalkan pesan untuk beliau!”
6.      Proses komunikasi merupakan berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan dan komunikator. Apabila dalam menyampaikan pesan, komunikator dan komunikan saling bertatap muka (face to face) sehingga komunikator dapat melihat komunikan termasuk proses komunikasi…
a.       Tidak langsung                              d. Massa
b.      Langsung                                      e. Nir massa
c.       Bermedia
7.      Upaya maksimal yang mampu diberikan oleh petugas pelayanan dari suatu perusahaan industri jasa untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga tercapai suatu kepuasan disebut….
a.       Pelayanan purna jual                     d. Pelayanan pelanggan
b.      Pelayanan pra penjualan                e. Pelayanan penjualan
c.       Pelayanan prima
8.      Menghubungi seseorang melalui telepon sama halnya dengan bertamu, sehingga harus selalu ramah dan menyenangkan pada saat berbicara di telepon serta memperhatikan etika. Di bawah ini merupakan etika dalam bertelepon yaitu….
a.       Mengangkat gagang telepon dengan tangan kanan
b.      Membiarkan telepon bordering tiga kali
c.       Menyapa penelepon dengan sebutan Ibu/ Bapak
d.      Menyembunyikan identitas diri
e.       Mencatat pesan telepon pada kertas lembaran
9.      Keamanan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bertujuan untuk menjamin keadaan, keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani; baik jasmani maupun rohani manusia serta karya budayanya yang tertuju pada kesejahteraan masyarakat. Bagi perusahaan K3 bertujuan untuk…
a.       Meningkatkan kinerja dan omset perusahaan
b.      Meningkatkan kesejahteraan rohani dan jasmani
c.       Kinerja yang berkesinambungan
d.      Meningkatkan penghasilan karyawan
e.       Meningkatkan kesadaran
10.  Dalam menciptakan kepuasan pelanggan, seorang petugas pelayanan harus memperhatikan sikap dan penampilan diri seperti….
a.       Berpenampilan seadanya dan menghargai
b.      Berpakaian menarik dan mudah bergaul
c.       Berpakaian standar dan mudah bersosialisasi
d.      Berpenampilan serasi dan ramah
e.       Berpenampilan rapid an bersikap fleksibel
11.  Salah satu program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata adalah…
a.       Microsoft Access                          d. Microsoft Power Point
b.      Microsoft Excel                            e. Microsoft Outlook
c.       Microsoft Word
12.  Upaya pencegahan terhadap penyakit yang dilakukan dengan mengisolir (menyendirikan) mesin-mesin yang menimbulkan suara yang sangat keras atau proses-proses yang menimbulkan gas yang berbahaya bagi tubuh adalah…
a.       Substitusi                                      d. Penggunaan alat pelindung
b.      Ventilasi umum                             e. Isolasi
c.       Ventilasi keluar
13.  Perhatikanlah prosedur pengadaan barang di bawah ini!
(1)   Membuat daftar barang atau perlengkapan yang akan diadakan
(2)   Membuat estimasi biaya (perkiraan biaya)
(3)   Membuat rencana pengadaan barang menjadi tri wulan atau semesteran
Prosedur pengadaan barang di atas adalah untuk jenis barang….
a.       Bergerak                                        d. Habis pakai
b.      Tidak bergerak                              e. Tidak habis pakai
c.       Tetap
14.  Untuk menjalankan slide presentasi yang telah kita buat dari awal sampai akhir menggunakan….
a.       Slide show from current slide        d. Design
b.      Slide show from beginning            e. Animation
c.       Custom slide show
15.  Barang habis pakai adalah barang yang tidak tahan lama dan akan habis dalam pemakaiannya sehari-hari di kantor. Contoh barang habis pakai adalah…
a.       Perforator                                     d. Dictaphone
b.      Mesin penghancur kertas              e. Kalkulator
c.       Pita mesin tik
16.  Peralatan kantor yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor diklasifikasikan menjadi peralatan kantor yang berupa mesin dan peralatan kantor bukan mesin. Contoh dari peralatan kantor yang berupa mesin adalah….
a.       Printer                                           d. Tip-ex
b.      Paperclips                                     e. Snelhecter
c.       Karbon
17.  Apabila komponen atau sparepart mesin kantor telah aus, maka perlu diganti dengan yang baru. Dalam mereplace atau refillsparepart harus memperhatikan….
a.       Suku cadang yang baru harganya lebih murah
b.      Suku cadang yang baru harganya lebih mahal
c.       Suku cadang yang baru tidak disesuaikan dengan ketentuan pada manual book
d.      Suku cadang yang baru harus dari luar negeri
e.       Suku cadang yang baru merupakan suku cadang yang asli (genuine part)
18.  Menjaga kebersihan mesin, pemberian minyak pelumas pada komponen-komponen yang bergerak serta mengganti pita lama dengan pita yang baru merupakan cara perawatan mesin kantor yaitu…
a.       Mesin fotocopy                              d. Mesin rishograf
b.      Mesin tik                                       e. Mesin penjilid
c.       Mesin stensil
19.  Agar surat dapat memeberikan kesan yang baik dan dapat menyampaikan arti yang sebenarnya kepada pembaca, maka bahasa yang digunakan harus lugas, maksudnya adalah…
a.       Enak dibaca dan tidak kaku
b.      Tidak bermakna ganda
c.       Menggunakan kata-kata yang panjang
d.      Sederhana, praktis dan bersahaja atau simple
e.       Terbebas dari salah tafsir atau rancu
20.  Surat-surat atau benda bergarga yang termasuk rekaman yang dijadikan sebagai alat bukti untuk mendukung keterangan supaya lebih meyakinkan adalah….
a.       Dokumen                                      d. file
b.      Keterangan                                    e. Surat
c.       Arsip
21.  Proses penggandaan naskah menggunakan mesin fotocopy, apabila sudah meletakkan naskah yang akan dicopy langkah selanjutnya adalah menetukan zoom dan jumlah salinan yang akan digandakan. Langkah berikutnya adalah menekan tombol…
a.       Copy                                              d. Size
b.      Start                                               e. Reduction
c.       On-off
22.  Mesin pengganda dokumen yang digunakan untuk memperbanyak naskah dalam jumlah yang besar mempunyai kecepatan sampai 120 lembar per menit dengan bentuk dan cara kerjanya seperti mesin fotocopy disebut….
a.       Mesin stensil                                 d. Mesin fotocopy
b.      Mesin offset                                   e. Mesin rishograf
c.       Mesin penjilid
23.  Dalam pengurusan surat keluar biasa, setelah konsep surat selesai diketik dan ditandatangani, selanjutnya unit pengolah mencatat surat ke dalam…
a.       Satu lembar pengantar surat biasa
b.      Tiga lembar kartu kendali                        
c.       Dua lembar kartu kendali
d.      Dua lembar pengantar surat biasa
e.       Buku agenda
24.  Dalam pengurusan surat masuk yang bersifat penting, kartu kendali I tetap berada di tangan pengarah surat untuk diarsip yang berfungsi sebagai…..
a.       Kartu kendali                                d. Pengganti arsip
b.      Ekspedisi                                       e. Pengganti file
c.       Alat kontrol (file control)
25.  Semua naskah atau dokumen disusun dan dikelompokkan berdasarkan pokok soal atau masalah kemudian masalah-masalah dipecah lagi menjadi sub masalah. Hal ini merupakan metode penyimpanan arsip dengan sistem….
a.       Masalah/ subjek                             d. Abjad
b.      Wilayah                                         e. Tanggal
c.       Nomor
26.  Untuk dapat membuka dan mengirim email, setelah mengetikkan alamat selanjutnya adalah…
a.       Memasukkan alamat web              d. Memasukkan ID
b.      Memasukkan nama pengguna       e. Memasukkan ID dan pasword
c.       Memasukkan pasword
27.  Bentuk atau format surat harus diperhatikan sebelum mengetik surat. Bentuk surat dimana seluruh pengetikan bagian-bagiannya dimulai dari sebelah kiri kecuali tanggal surat dan kelompok penandatanganan adalah…
a.       Bentuk surat lurus (block style)
b.      Bentuk surat lurus penuh (full block style)
c.       Bentuk surat setengah lurus (semi block style)
d.      Bentuk surat lekuk (indented style)
e.       Bentuk surat paragraph menggantung (hanging paragraph style)
28.  Perlengkapan arsip yang digunakan sebagai alat pencatat surat dan pelacak untuk dapat menemukan atau menetapkan lokasi dan tempat surat serta sebagai arsip pengganti dari surat dinas penting adalah…
a.       Lembar disposisi                           d. Map gantung
b.      Kartu kendali                                e. Guide
c.       Kartu tunjuk silang          
29.  Dokumen perjalanan yang diberikan kepada warga negara yang diberi ijin untuk meninggalkan negaranya dan untuk bepergian ke negara-negara lain adalah…
a.       Yellow card                                   d. Fiskal
b.      Exit permit                                     e. Paspor
c.       SPPD
30.  Keterangan tentang tanggal serta jam keberangkatan dan kedatangan, semua kota yang akan dikunjungi, jenis kendaraan yang akan dipakai, nama lapangan terbang atau stasiun kereta api serta nama hotel tempat menginap termasuk…
a.       Penganggaran perjalanan              d. Rencana perjalanan
b.      Pengorganisasian perjalanan         e. Pelaporan perjalanan
c.       Pelaksanaan perjalanan
31.  Pertanyaan langsung yang dilakukan oleh pimpinan rapat bertujuan untuk memberikan dorongan kepada peserta rapat agar aktif dalam rapat. Berikut ini yang merupakan contoh pertanyaan langsung adalah…
a.       “Sarana yang kitamiliki memang masih kurang, bukan?”
b.      “Menurut pendapat Saudara, bagaimana cara promosi yang efektif?”
c.       “Berapa omzet penjualan kita bulan ini?”
d.      “Bapak Tono, tadi Ibu Ani menanyakan perihal open management, apakah Bapak mengetahuinya?”
e.       “Ibu Susi, menurut pendapat Ibu, bagaimanakah cara promosi yang efektif?”
32.  Rapat akan berjalan dengan tertib dan lancar apabila segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik. Tata ruang yang tepat untuk rapat dengan jumlah peserta 13 orang adalah…
a.       Ruang kelas                                   d. Setengah lingkaran
b.      Empat persegi panjang                  e. Huruf T
c.       Aula/ bioskop
33.  PD CAHAYA menyelenggarakan kas kecil dengan sistem dana tetap. Ditetapkan jumlah kas kecil sebesar Rp 700.000,00 dan diisi kembali setiap dua minggu. Pada akhir minggu ke empat bulan Nopember 2012, pemegang kas kecil melaporkan dengan menyerahkan bukti-bukti pengeluaran untuk:
* Pembelian alat kantor Rp 175.000,00
* Pembelian benda-benda pos Rp 50.000,00
* Jasa service Rp 150.000,00
* Transportasi Rp 150.000,00
Pada akhir bulan Nopember sisa dana kas kecil sebesar…
a.       Rp 500.000,00                              d. Rp 535.000,00
b.      Rp 575.000,00                              e. Rp 545.000,00
c.       Rp 525.000,00
34.  Pada setiap akhir pertemuan/ rapat, seorang penulis harus menyusun notula. Sehingga apabila pada rapat terdahulu masih memerlukan tindak lanjut dan realisasi dalam rapat berikutnya, maka pedomannya adalah notula rapat. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu fungsi notula adalah…
a.       Sebagai dokumen                         
b.      Sebagai alat untuk rapat semu                 
c.       Sebagai dokumen dan alat bukti
d.      Sebagai alat pengingat untuk peserta
e.       Sebagai pedoman untuk rapat berikutnya
35.  Pelanggan wanita biasanya lebih menyukai sesuatu yang bersifat modis, terutama dalam memilih produk pakaian, tas, sepatu dan asessoris sosial dirinya. Untuk menghadapi pelanggan wanita dapat dilakukan dengan cara….
a.       Menyediakan waktu yang lebih lama dalam memilih barang
b.      Harus siap dengan keinginan yang selalu berubah
c.       Petugas yang melayani hendaklah lebih dewasa
d.      Selalu memberikan pujian
e.       Tidak memperlakukan seperti anak kecil
36.  Metode pembukuan dana kas kecil dimana dananya sudah ditetapkan nilanya sehingga penjumlahannya hanya ada pada saat pengisian kas itu sendiri disebut…
a.       Sistem dana tidak tetap                d. Sistem dana tetap
b.      Sistem dana berubah-ubah            e. Fluktuation fund system
c.       Fund system
37.  Untuk mendapatkan informasi yang akurat, maka pada setiap tahap dalam pengolahan data harus dilalui. Tahap terakhir dalam pengolahan data adalah…
a.       Administrasi questioner                d. Editing/ Koding                 
b.      Analisa data                                  e. Data entry
c.       Perangkuman data
38.  Data yang sudah diolah sehingga berubah wujud menjadi lebih bernilai merupakan pengertian dari…
a.       Informasi                                       d. Pengolahan data
b.      Data                                              e. Verifikasi data
c.       keterangan
39.  Pencatatan terhadap semua barang inventaris yang sudah dimiliki oleh suatu kantor atau satuan organisasi dilingkungannya dan sekaligus merupakan sumber informasi yang diandalkan mengenai segala macam data yang diperlukan tentang barang-barang inventaris kantor adalah pada…
a.       Buku golongan barang inventaris
b.      Buku catatan barang non inventaris
c.       Buku catatan barang inventaris
d.      Buku golongan barang non inventaris
e.       Buku induk barang inventaris
40.  Dalam proses rekruitmen, calon tenaga kerja dapat berasal dari dalam dan dari luar perusahaan. Dari luar perusahaan, calon tenaga kerja dapat bersumber dari…
a.       Promosi pegawai                           d. Lembaga pendidikan
b.      Mutasi pegawai                             e. Promosi-mutasi pegawai
c.       Pengembangan karir
41.  Media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan warta/ keterangan dalam lingkungan organisasi sendiri atau dari satu bagian ke bagian lain dalam satu instansi dinamakan…
a.       Telephone                                                d. Faksimile
b.      Teleks                                                       e. Intercome
c.       Dictaphone

42.  Proses komunikasi merupakan berlangsungnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikan dan komunikator. Apabila dalam menyampaikan pesan, komunikator dan komunikan saling bertatap muka (face to face) sehingga komunikator dapat melihat komunikan termasuk proses komunikasi…
a.       Tidak langsung                            d. Massa
b.      Langsung                                     e. Nir massa

43.  Keamanan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bertujuan untuk menjamin keadaan, keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani; baik jasmani maupun rohani manusia serta karya budayanya yang tertuju pada kesejahteraan masyarakat. Bagi perusahaan K3 bertujuan untuk…
a.       Meningkatkan kinerja dan omset perusahaan
b.      Meningkatkan kesejahteraan rohani dan jasmani
c.       Kinerja yang berkesinambungan
d.      Meningkatkan penghasilan karyawan
44.    Upaya pencegahan terhadap penyakit yang dilakukan dengan mengisolir (menyendirikan) mesin-mesin yang menimbulkan suara yang sangat keras atau proses-proses yang menimbulkan gas yang berbahaya bagi tubuh adalah…
a.       Substitusi                                                 d. Penggunaan alat pelindung
b.      Ventilasi umum                           e. Isolasi
c.       Ventilasi keluar
45.    Perhatikanlah prosedur pengadaan barang di bawah ini!
(4)   Membuat daftar barang atau perlengkapan yang akan diadakan
(5)   Membuat estimasi biaya (perkiraan biaya)
(6)   Membuat rencana pengadaan barang menjadi tri wulan atau semesteran
Prosedur pengadaan barang di atas adalah untuk jenis barang….
a.       Bergerak                                        d. Habis pakai
b.      Tidak bergerak                              e. Tidak habis pakai
c.       Tetap
46.    Peralatan kantor yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor diklasifikasikan menjadi peralatan kantor yang berupa mesin dan peralatan kantor bukan mesin. Contoh dari peralatan kantor yang berupa mesin adalah….
d.      Printer                                                             d. Tip-ex
e.       Paper clips                                          e. Snelhecter
f.       Karbon
47.    Untuk mendapatkan informasi yang akurat, maka pada setiap tahap dalam pengolahan data harus dilalui. Tahap terakhir dalam pengolahan data adalah…
d.      Administrasi questioner                      d. Editing/ Koding                 
e.       Analisa data                                        e. Data entry
f.       Perangkuman data
48.  Untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka harus dilakukan pengolahan data. Pengolahan data yang dilakukan tanpa menggunakan mesin merupakan jenis pengolahan data dengan sistem….
a.       Manual                                                            d. Tanpa mesin
b.      Komputerisasi                                     e. Key driven
c.       Punch card
49.  Sebelum data diolah, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data. Setelah data yang diperlukan terkumpul maka langkah selanjutnya dalam pengolahan data adalah….
a.       Administrasi questioner                      d. Editing/ Koding                 
b.      Analisa data                                        e. Data entry
c.       Perangkuman data
50.    Sesuatu yang tertulis, tercetak, tergambar, terekam yang dapat dijadikan sebagai   bukti atau keterangan disebut….
a.       Surat                                        `           d. file
b.      Dokumen                                             e. arsip
c.       Warkat

51.  Low accordion fold dalam system melipat surat sering disebut….
      a.  lipatan akordion                          
      b. lipatan baku rendah                    
      c. lipatan akordion rendah
      d. lipatan tunggal
      e. lipatan ganda sejajar
52.  Pengurusan surat dinas masuk dan keluar yang bersifat penting dalam pola baru system kearsipan memakai….  
a. lembar disposisi                                     d. kartu kendali                                                                                                                           
b. lembar pengantar                                   e. buku agenda 
c. ekspedisi
53.  Apabila pimpinan menganggap bahwa suatu surat yang diproses harus melalui beberapa 
pejabat, maka sekretaris atau pengarah surat menyertakan….
       a. lembar disposisi                                    d. routing slip                                                                     
 b. kartu kendali                                       e. Buku Verbal
   c. buku agenda
54.  Surat yang diterima dari Toko Buku 2014, bila diindeks  mendapatkan kode….
 a. 2014                                                    d. Two                 
 b. To                                                        e. Du                
 c. Bu
55.  Judul Guide pada system tanggal yang terletak paling depan yaitu…
       a. tanggal 1                                                d. Desember    
       b. Januari                                                   e. tanggal 31                
       c. nama bulan
56.  Penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan dari mana surat berasal  disebut        
sistem penyimpanan….
a. geographic                                d. alphabetic     
b. chronologis                                           e. subjectic          
c.  numeric

57.  Ruang rapat dengan berbentuk lingkaran dapat digunakan untuk jenis rapat yang bersifat….
a.         Otoriter                                             d. negotiation
b.    Demokratis                                          e. laissezfair
c.    Problem solving
58.  Pertemuan /rapat yang diadakan antar Negara,baik oleh kepala Negara atau pemerintah      yang membicarakan masalah kerjasama antar Negara disebut….
a.    Seminar                                              d. Rapat Negara
b.    Konggres                                             e. Konferensi
c.    Simposium
59.   Kampanye, rapat akbar, pengajian umum merupakan jenis pertemuan massa yang bertujuan….
a.    Memecahkan masalah                         d. mencari dukungan
b.    Merundingkan masalah                        e. mencapai musyawarah
c.    Mencapai tujuan bersama
60.  Pengelolaan dana kas kecil dilakukan dengan 2 metode pencatatan.Sebuah sistim dimana besarnya dana kas kecil telah ditentukan dan apabila di akhir periode dilakukan pengisian kembali kas sebesar total pengeluaran ,sehingga jumlah uang dalam kas kecil kembali seperti semula,maka sistim ini disebut ....
a. fluctuation fund system
b. imprest fund system
c. petty cash fund system
d. company fund system
e. journal fund system
61.  Catatan yang dipakai sebagai awal mula pencatatan dalam siklus akuntansi keuangan yang bersumber dari bukti transaksi adalah....
a. bukti penerimaan kas
b. bukti pengeluaran kas
c. jurnal
d. buku harian
e. buku kas kecil
62.  Terdapat banyak mesin-mesin penggandaan, di bawah ini yang termasuk mesin-mesin penggandaan atau mesin reproduksi atau duplicating machines adalah....
a. thermocopier,offset,fotocopy, risograph, stensil
b. scanner, stensil,mesin tik,perforator,stapler
c. fotocopy,spirit duplicator,stensil,hechmachine
d. scanner,offset,paper shredder,paper cutter
e. stensil,scanner,perforator stapler,offset

63.  Efisien untuk menggandakan dalam jumlah yang besar dan tenaga listrik yang diperlukan kurang dari 500 watt, berkemampuan sampai 120 lembar per menit adalah mesin....
a. fotocopy
b. thermocopier
c. stensil listrik
d. spirit duplicator
e.risograph

64.  Pekerjaan penunjang tugas pokok yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang tulis menulis yang berhubungan dengan pekerjaan kertas maupun pelayanan disebut...
a. pekerjaan kantor
b. administrasi
c. organisasi
d. manejemen
e. manajer

65.  Rangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi serta menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran disebut dengan....
a. pekerjaan kantor
b. manajer kantor
c. keuangan
d. manajerial
e. administrasi perkantoran

66.  Pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi , pelayanan pelanggan dengan berfikir positif , pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai adalah pelayanan prima berdasarkan konsep ....
a. attention
b. action
c. attitude
d. tindakan
e. perhatian

67.  L O T (Listening = mendengarkan apa yang dibutuhkan pelanggan ) Observing = mengamati isi pembicaraan pelanggan  ( Thinking = berfikir setelah mendengarkan dan mengamati , maka harus segera memikirkan  tindakan apa yang harus dilakukan untuk memahami kebutuhan pelanggan adalah konsep....
a. attitude
b. action
c. sikap
d. attention
e. tindakan

68.  Seseorang yang bertugas membantu tamu yang yang ingin bertemu dengan pejabat atau seseorang yang berada pada organisasi tersebut disebut...
a. tamu
b. arsiparis
c. resepsionis
d. administrasi kantor
e. relasi

69.  Jika kepada pejabat atau pimpinan yang telah menyelesaikan perjalalanan dinas diberikan uang pemulihan biaya sesuai dengan pengeluaran yang dibuktikan oleh voucher, sistim ini disebut....
a. lump sum
b. fiskal
c. rekonsiliasi
d. deklarasi
e. restitusi biaya perjalanan dinas

70.  Tanda izin yang dicap pada lembaran-lembaran paspor untuk mengunjungi suatu negara tertentu dalam waktu tertentu, dan dapat diperoleh di kedutaan negara yang bersangkutan adalah ....
a. paspor
b. fiskac
c. visa
d. SPPD
e. yellow card


71.  Anda diminta membuat sebuah surat undangan rapat kerja yang akan dilaksanakan selama 2 hari di luar kota. Selain kejelasan  isi undangan, dokumen itu sangat membutuhkan....
a. lampiran
b. laporan
c. materi
d. peralatan
e. akomodasi

72.  Dalam komunikasi non verbal, sikap ketidak tenangan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain dapat kita ketahui melalui....
a. mata berkerut disertai mulut tertutup
b. bahu tampak lemas dan membungkuk
c. sikap duduk yang menjauhkan diri
d. sikap diam dan tidak bersedia berbicara
e. kegagapan dalam berbicara

73.  Catatan singkat yang dibuat oleh pejabat atasan ditujukan kepada bawahan yang isinya bersifat formal disebut....
a. memorandum
b. nota dinas
c. telegram
d. surat dinas
e. surat bersampul

74.  Biaya pengurusan paspor,biaya fiskal dan airport ,tax, biaya exit permit,dan health certficate adalah contoh....
a. biaya lump sum
b. biaya akomodasi
c. biaya acara/kontribusi penyelenggaraan acara
d. biaya dokumen perjalanan
e. biaya transportasi

75.  Salah satu program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata adalah…
a.    Microsoft Access                                d. Microsoft Power Point
b.    Microsoft Excel                                               e. Microsoft Outlook
c.    Microsoft Word
76.  Saat pertama kali menjalankan Microsoft word, secara otomatis akan ditampilkan lembar kerja dokumen baru yang masih kosong dengan nama….
a.                 Word1.doc
b.                Word2.doc
c.                 Document1.doc
d.                Document2.doc
e.                 Doc.1
77.    Untuk menjalankan slide presentasi yang telah kita buat dari awal sampai akhir menggunakan….
a.       Slide show from current slide                       d. Design
b.      Slide show from beginning               e. Animation
c.       Custom slide show

78.    Agar peserta rapat dapat lebih tertarik dan memperhatikan informasi yang disampaikan, maka materi rapat dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Ms. Power Point yang diakses dengan mengklik menu….
a. Start – Document – Microsoft Office – Microsoft Power Point
b. Start – Setting – Microsoft Office – Microsoft Power Point
c. Start – Programs – Microsoft Outlook – Microsoft Power Point
d. Start – Programs – Microsoft Office – Microsoft Power Point
e. Start – Ms. Outlook – Microsoft Office – Microsoft Power Point


79.    Apabila pimpinan menganggap bahwa suatu surat yang diproses harus melalui bebera penjabat, maka sekretaris atau pengarah surat menyertakan  …..
a.    Lembar disposisi
b.    Routing slip
c.    Buku agenda
d.   Buku verbal
e.    Kartu

80.    Bila perusahaan hendak mengirim surat sifatnya penting maupun biasa dicatat dalam buku verbal, tetapi pengirimannya lewat multimedia disebut  ….
a.    televisi
b.    kartu kendali
c.    twitter
d.   e-mail
e.    facebook


Tidak ada komentar:

Posting Komentar