Selasa, 16 September 2025

LATIHAN SOAL KESEKRETARISAN

 LATIHAN  SOAL  KESEKRETARISAN    

SeSerangkaian kegiatan yang berkaitan dalam aturan acara kenegaraan secara resmi yang meliputi tata tempat,tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan sesuia dengan jabatan dalam  pemerintah atau masyarakat menurut UU no. 09/2010 merupakan definisi dari....

a.       Protokol

b.       Humas

c.       Keprotokolan.

d.       Kehumasan

e.       Susunan Acara

2.       Protokol bukan orang melainkan sistem atau aturan. Protokol dalam pengertian pengatur acara memiliki tugas menentukan ....

a.       Tata busana

b.       Tata kepegawaian

c.       Tata acara.

d.       Tata penulisan

e.       Tata makan

3.       Fungsi yang bertujuan untuk memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan hasil perencanaan suatu kelompok keprotoklan yang pada akhirnya digunakan pada suatu acara, merupakan fungsi....

a.       Perencanaan

b.       Pengambilan keputusan.

c.       Pengorganisasian

d.       Pengawasan

e.       Penggerakan

4.       Seorang protokoler harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif karena selalu berhubungan dengan bagian lain. Berikut ini beberapa point penting sebagai syarat protokoler:

a.       Mampu menyimpan arsip

b.       Bermental kuat dan berkepribadian tangguh.

c.       Mampu menulis surat masuk dan keluar

d.       Terampil mengetik 10 jari buta

e.       Terampil digitalisasi

5.       Memiliki kemampuan berpenampilan yang baik dihadapan orang lain serta dapat menyampaikan pesan yang diberikan oleh suatu instansi/perusaan merupakan syarat dari petugas...

a.       Agendaris

b.       Protokol

c.       Humas

d.       Arsiparis

e.       Humas dan Protokol.

6.       Dalam rapat terkadang  ada peserta rapat yang belum sarapan atau makan siang maka perlu adanya konsumsi yang berupa makanan kecil dan minuman. Hidangan makanan dan minuman (snack) perlu diberikan kepada peserta dalam rapat dengan tujuan....

a.       Memberi semangat yang tinggi pada peserta rapat.

b.       Membuat kegaduhan dalam kegiatan rapat

c.       Memberi kesan penyambutan yang baik bagi peserta rapat

d.       Membuat suasana yang campuraduk

e.       Menghindari gangguan saat berlangsungnya rapat

7.       Ruangan rapat yang menyenangkan adalah udara ruangan yang bersih, tata warna yang cerah dan disesuaikan dengan jenis rapat yang diselenggarakan. Berikut  bentuk tata ruang rapat yang cocok untuk  jenis rapat demokratis

a.       Bentuk kelas

b.       Bentuk persegi panjang

c.       Bentuk otoriter

d.       Bentuk lingkaran.

e.       Bentuk  Theatre Style Seating

8.       Rapat yang diadakan tidak berdasarkan  peencanaan, dapat terjadi kapan saja, di mana saja dan terjadinya secara kebetulan disebut diskusi . Sedangkan diskusi   tersebut termasuk jenis rapat non formal bila ditinjau dari....

a.       Jangka waktu

b.       Frekfuensinya

c.       Sifatnya.

d.       Tujuannya

e.       Fasilitasnya

9.       Pengendalian rapat dengan cara membiarkan para peserta berbicara secara bergantian, mengadu argumnetasi dan berlangsung tanpa pimpinan rapat di sebut....

a.       Bebas terbatas.

b.       Ketat

c.       Closed Controled

d.       Replay

e.       Gabungan

10.   Saat mengadakan table manner yang perlu kita perhatikan  selain cara duduk, cara mengambil makanan, juga kita perhatikan  bagaimana cara meletakkan peralatan makan setelah selesai makan.  Berikut adalah gambar setelah selesai maka....

a.       Sedang ishoma tetapi masih ingin makan lagi.             

b.       Selesai makan dan sudah kenyang

c.       Menu hidangan tidak enak

d.       Acara  makan masih berlangsung dan bermaksud menambah makanan lagi

e.       Masih belum kenyang dan minta nambah walau acara sudah selesai

11.   Ada hal hal yang perlu kita pehatikan saat kita bekerja di manapun. Kita dalam bekerja yang berkompeten dan agar dapat  berbicara dengan baik, perlu diperhatikan….

a.       Keramahan dan kewibawaan

b.       Keramahan dan sikap membantu serta tegas

c.       Keramahan, sifat rendah diri dan kewibawaan

d.       Keramahan, ketegasan, kewibawaan

e.       Keramahan, sifat rendah hati, sifat membantu dan kewibawaan.

 

12.   Seseorang atau kelompok orang yang datang ke sebuah perusahaan  atau organisasi untuk kepentingan tertentu. Dengan  mengikuti etika prosedur kerja disebut...

A         Reseptionist

B         Tamu Kantor.

C         Tamu pribadi

D         Tamu undangan

E         Catatan Tamu

 

13.   Salah satu tugas sekretaris adalah mengatur pertemuan antara pimpinan dengan tamu-tamu yang akan bertemu.  Ada etika dan aturan tersendiri dalam menerima tamu diantaranya....

a.       Menyambut, menerima dan mempersilakan tamu  duduk terlalu lama menunggu

b.       Berbasa basi dengan tamu dengan singkat agar pembicaraan tidak melantur.

c.       Apabila tamu harus menunggu maka tamu diajak ngobrol sampai pimpinan datang

d.       Menghubungi pimpinan dengan  suara lantang agar segera terdengar oleh tamu

e.       Membiarkan tamu berkeliling sampai sudut ruangan agar terkesan  akrab

14.   Salah satu tugas sekretaris adalah melayani tamu. Apabila tamu yang bersangkutan belum mempunyai perjanjian terlebih dahulu maka seorang sekretaris harus segera....

a.       Memastikan apakah pimpinan bersedia bertemu dan mencatat identitas tamu jika pimpinan tidak bersedia bertemu.

b.       Memberitahukan tamu bila pimpinan tidak ada di kantor

c.       Menanyakan pimpinan dengan menyerahkan kartu tamu

d.       Menemui tamu untuk bertemu dengan sekretaris karena belum ada janji temu

e.       Mempersilakan tamu untuk duduk menunggu pimpinan sampai datang

15.   Etika berkunjung ke kantor orang lain sangatlah penting. Saat kita sebagai tamu di dalam ruangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ....

a.       Segera duduk apabila ada tempat duduk

b.       Memakai wangi-wangian dan berdandan glowing agar kelihatan orang kantoran

c.       Saat duduk perhatikan posisi duduk dengan menyilangkan kaki

d.       Mengunyah permen dengan pelan-pelan

e.       Mengucapkan terima kasih setelah dipersilakan duduk.

16.   Tamu kantor yang biasanya menawarkan komisi khusus dan hanya pantas dibicarakan dengan pimpinan merupakan tamu yang berkepentingan untuk menawarkan barang/jasa. Tetapi ada tamu tertentu yang ditolak oleh petugas kantor yaitu tamu yang ...

a.       Tamu yang memiliki urusan penting

b.       Tamu yang mempunyai complain

c.       Tamu yang menagih utang

d.       Tamu yang tidak  beridentitas.

e.       Tamu dari aparat pemerintah untuk kunjungan khusus

17.   Hubungan komunikasi yang diadakan oleh anggota di lingkungan organisasi sendiri untuk merundingkan atau menyelesaikan masalah secara terencana dan terorganisasi  disebut…

a.     Rapat  

b.       Paguyupan

c.       Ceramah

d.       Perkumpulan

e.       Pidato

18.   Kegiatan pertemuan singkat dan padat untuk memberikan pengarahan, informasi penting, atau instruksi dari atasan kepada bawahan sebelum memulai tugas atau kegiatan tertentu.

a.       Pertemuan

b.       Briefing

c.       Diskusi

d.       Pidato

e.       Rapat

 

 

19.   Jenis –jenis rapat kita pahami diantaranya rapat tertututp, semi tertutup, terbuka Rapat juga bisa diadakan di tempat terbuka, tidak mengikat, peserta dari semua kalangan masyarakat . Kampanye, rapat akbar, pengajian umum merupakan jenis pertemuan massa yang bertujuan….

A               Merundingkan masalah

B               Mencari dukungan

C               Diskusi Akbar

D               Mengajak berdiskusi

E                Memikirkan solusi

20.   Dalam suatu rapat peran pemimpin rapat sangat mempengaruhi lancarnya sebuah musyawarah. Pemimpin rapat harus dapat memberikan bimbingan kepada seluruh peserta rapat agar...

A               Berpartisipasi pasif dalam rapat

B               Menyediakan konsumsi rapat

C               Berdebat dalam rapat

D               Turut aktif dalam rapat

E                Memonitorr peserta rapat yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar